SANG GEMERLAP PENGHIAS LANGIT MALAM

Gambar : Gugus bintang Pleiades


APA ITU BINTANG ?

   "Bintang kecil di langit yang biru ...." Lirik tersebut pasti pernah kita nyanyikan saat masih anak-anak. Tapi apakah bintang benar sekecil itu ? Tidak pastinya. Kali ini saya akan membahas tentang "Bintang". Simak infonya Para Explorer

   Bintang adalah sebuah benda berbentuk bola yang tersusun dari gas-gas dan mampu menghasilkan cahaya sendiri. Kenapa bisa memancarkan cahaya sendiri ? Karena di dalam tubuh sebuah bintang terjadi proses pembakaran gas-gas yang disebut dengan reaksi nuklir dalam inti bintang tersebut. Bintang biasanya merupakan pusat dari suatu sistem keplanetan  dimana planet-planet akan mengorbit pada bintang tersebut. Hal ini disebabkan karena bintang mempunyai gravitasi yang besar sehingga mampu menarik benda disekitar.

  

   Saat kamu sedang suntuk akan pekerjaanmu, dan mencoba keluar untuk memandang langit malam saat cerah untuk menenangkan pikiran. Akan banyak bertaburan bintang-bintang yang berkelip menghias malam. Bintang berkelip karena jaraknya yang sangat jauh dari bumi, bukan karena kecil ya hehe. Bintang itu jaraknya sangat jauh, bintang terdekat saja a.k.a Proxima Centauri mempunyai jarak  sekitar 4.243 Tahun cahaya ( atau sekitar 40 Trilliun Kilometer ) jauhnya dari bumi. Faktanya, jika kita menggunakan sebuah kapal jet ultrasonik, kita membutuhkan waktu puluhan juta tahun untuk sampai disana.

 DARI MANA ASALNYA BINTANG ?

   Bagaimanakah bintang bisa terbentuk ? Apakah bintang ada begitu saja ? Tentu saja tidak. Sebuah bintang bisa lahir dari sebuah awan gas yang kita sebut sebagai Nebula ( nebulae = awan ). Saat nebula tersebut mengalami evolusi, lama kelaman gravitasi dari nebula tersebut akan kesulitan untuk menahan tekanan gas yang ada di dalamnya, membuat nebula tersebut mengalami fragmentasi. Saat nebula tersebut mengalami fragmentasi, tekanan, suhu, dan gravitasinya akan meningkat sampai bisa melakukan proses Fusi Hidrogen atau pengubahan hidrogen menjadi Helium di dalam intinya. Saat proses fusi tersebut dimulai, energi akan menghentikan kontraksi yang nantinya akan tersisa sebuah benda bercahaya dan selalu aktif melakukan reaksi fusi di dalam inti, benda tersebutlah yang kita sebut sebagai bintang.




referensi : https://www.infoastronomy.org dan https://www.scientificamerican.com

Komentar

  1. bintang memancarkan sinar yang intensitasnya berbeda, apa penyebabnya ada bintang yang terlihat paling terang ? apa karena letaknya yang dekat atau bentuknya yang lebih besar diantara jenis bintang lain atau bahkan ada alasan lain mengenai reaksi nuklir fusi binti bintang?
    suka artikel ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Explorer. Pertanyaan yang bagus. Kenapa bintang terlihat lebih terang dibanding bintang yang lain?
      Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kecerlangan suatu bintang :
      1. Jarak antara bumi ke bintang tersebut. Semakin jauh jaraknya, maka bintang juga akan terlihat semakin redup.

      2. Magnitudo bintang, biasa disebut skala kecerlangan. Dimana semakin kecil Magnitudo suatu bintang, maka semakin cemerlang pula bintang tersebut. Intinya magnitudo berbanding terbalik dengan kecerlangan suatu bintang.

      3. Luminositas bintang atau energi yang dipancarkan suatu bintang per satuan waktu.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer